Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Info kesehatan penyakit jantung dari gejala ciri-ciri jenis penyebab pengobatan perawatan dan cara mencegah agar jantung tetap sehat

Macam-Macam Penyakit di Seputar Jantung

Penyakit jantung merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan berbagai jenis penyakit yang berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Istilah penyakit jantung sering juga merujuk kepada penyakit kardiovaskuler, padahal sebenarnya masih banyak jenis penyakit lain yang termasuk ke dalam gangguan atau kelainan jantung. Berikut ini akan diulas beberapa jenis penyakit di seputar jantung.

penyakit jantung, penyakit seputar jantung

Penyakit jantung koroner
Penyakit jantung koroner atau seringkali dikenal dengan sebutan penyakit jantung saja diakibatkan oleh penimbunan plak pada pembuluh darah (arteri) yang berlangsung selama bertahun-tahun. Penimbunan plak tersebut kemudian menghalangi aliran darah pada pembuluh darah. Pembuluh darah tersebut seharusnya bersifat elastis dan lembut akan tetapi karena adanya penimbunan plak maka arteri pun menjadi kaku dan sempit. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan aliran darah ke jantung menjadi sangat kurang.

Aritmia jantung
Jantung berdetak dengan ritme sekitar 60 hingga 100 kali tiap menitnya. Akan tetapi, ada kalanya jantung berdetak tidak sesuai ritme tersebut. Detak jantung yang tidak normal biasa disebut dengan istilah aritmia. Penyakit aritmia jantung terjadi karena adanya perubahan ritme dan kemudian menimbulkan detak jantung yang tidak teratur. Jantung menjadi berdetak dengan sangat lambat ataupun dengan sangat cepat.

Gagal jantung
Penyakit gagal jantung diakibatkan oleh kinerja jantung yang tidak dapat memompa darah dengan optimal. Kondisi ini kemudian mengakibatkan penahanan air dalam tubuh dan memicu pembengkakan serta kesulitan untuk bernafas. Tubuh yang bengkak-bengkak dan nafas yang pendek-pendek merupakan gejala utama dari penyakit gagal jantung.

Penyakit katup jantung
Katup jantung berada pada pintu keluar dalam masing-masing 4 ruangan jantung dan berfungsi untuk menjaga aliran darah. Katup jantung dapat rusak karena berbagai faktor seperti kebocoran, penyempitan dan penutupan yang tidak sempurna. Gejala penyakit katup jantung dapat berupa napas pendek-pendek, kelelahan, detak jantung yang tidak teratur, kaki dan pergelangan kaki yang bengkak serta nyeri dada.

Kelainan jantung bawaan
Penyakit jantung ini merupakan jenis kelainan pada struktur jantung ataupun pembuluhnya. Kelainan ini biasanya terjadi sebelum dilahirkan dan terjadi pada 8/1000 anak. Gejala penyakit jantung bawaan dapat terlihat pada saat kelahiran, masa anak-anak, dan kadang sampai usia remaja. Sampai saat ini, para ahli masih belum mengetahui penyebab kelainan jantung bawaan ini. Faktor keturunan (genetis) mungkin sangat berperan dan juga akibat alkohol, infeksi virus atau obat-obatan yang dikonsumsi selama masa kehamilan.

Kardiomiopati
Penyakit jantung ini merupakan kelainan yang terjadi pada otot jantung dan dikenal juga dengan sebutan perbesaran jantung. Jantung akan mengalami pembesaran dan penebalan yang tidak normal. Kardiomiopati mengakibatkan kemampuan jantung untuk memompa darah pun menjadi lemah. Tanpa pemberian obat yang tepat, maka kardiomiopati dapat memburuk dan menyebabkan ritme jantung yang tak normal dan gagal jantung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam-Macam Penyakit di Seputar Jantung

0 comments:

Post a Comment