Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Info kesehatan penyakit jantung dari gejala ciri-ciri jenis penyebab pengobatan perawatan dan cara mencegah agar jantung tetap sehat

Cara Menyenangkan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Hingga saat ini penyakit jantung masih menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Jumlah penderita penyakit jantung terus bertambah di seluruh dunia dari waktu ke waktu. Perkembangan penyakit jantung tidak terlepas dari kebiasaan yang tidak sehat karena pola hidup masyarakat yang cenderung berubah di zaman modern. Faktor-faktor yang dapat memicu serangan jantung antara lain kebiasaan merokok, mengkonsumsi makanan dengan kadar kolestrol tinggi, kurang aktif bergerak, malas untuk berolahraga, tekanan mental atau stres dan kurangnya istirahat setelah rutinitas sehari-hari. Sebenarnya ada beberapa cara menyenangkan dan sederhana untuk menjaga agar jantung tetap sehat. Berikut ini beberapa cara menyenangkan dan mudah untuk cara menjaga kesehatan jantung.

Cokelat hitam
Cokelat hitam disinyalir bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. Dengan tekanan darah yang normal maka secara tidak langsung akan turut andil dalam menjaga jantung agar tetap sehat. Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa orang yang memiliki penyakit pra-diabetes dan hipertensi ternyata mampu menurunkan resiko penyakit jantung mereka dengan cara memakan 3.5 ons cokelat hitam tiap hari selama 15 hari. Mereka mampu menurunkan tekanan darah sistolik hingga 4,5 poin dan diastolik hingga 4,2 poin. Keberhasilan ini banyak dipengaruhi oleh senyawa antioksidan dan flavonoid yang terkandung dalam cokelat hitam. Kebiasaan memakan cokelat hitam juga mampu menurunkan resiko gangguan kardiovaskular selama 5 tahun ke depan sebesar 20 persen. Namun, Anda tetap perlu untuk selektif dalam memilih jenis cokelat. Pilihlah cokelat hitam dengan kandungan gula yang sedikit dan kandungan kakao minimal 65 persen.

cara menjaga kesehatan jantung

Berhubungan intim
Untuk pasangan suami istri, disarankan untuk melakukan hubungan intim minimal 2-3 kali dalam seminggu untuk menjaga aliran darah tetap lancar. Hasil studi mengungkapkan bahwa pria yang berhubungan seks 2-3 kali dalam seminggu mempunyai kesempatan 65 persen lebih kecil terjangkit penyakit jantung dibanding mereka yang berhubungan intim kurang dari sekali dalam satu bulan. Selama berhubungan intim, tubuh manusia akan mengeluarkan hormon oksitosin yang berfungsi untuk mengurangi timbulnya stres. Hubungan seks juga bermanfaat untuk membakar kalori dengan cepat.

Mendengarkan musik
Musik merupakan sarana yang ideal untuk melonggarkan pembuluh darah. Dengan mendengarkan musik selama 30 menit dalam sehari disinyalir dapat membantu untuk cara menjaga kesehatan jantung. Anda bisa mengkombinasikannya dengan latihan pernafasan untuk menurunkan tekanan darah sistolik lebih dari 4 poin sesudah 3 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menghirup dan menghembuskan nafas dengan perlahan 1-2 kali sembari mendengarkan musik berirama lambat akan mampu membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks.

Tertawa
Tertawa dapat memberikan manfaat tersendiri terutama dalam cara menjaga kesehatan jantung pada pembuluh darah (arteri). Menertawakan sesuatu yang lucu ternyata akan membuat pembuluh darah membesar hingga 22 persen. Selain itu, tertawa dapat mengakibatkan jaringan pembentuk lapisan di dalam arteri menjadi lebih luas sehingga aliran darah akan meningkat dan tekanan darah pun akan menurun.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menyenangkan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

0 comments:

Post a Comment