Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Info kesehatan penyakit jantung dari gejala ciri-ciri jenis penyebab pengobatan perawatan dan cara mencegah agar jantung tetap sehat

Pengobatan Penyakit Jantung Secara Medis

Bila menderita penyakit jantung, maka sangat disarankan untuk segera memperbaiki atau mengubah pola hidup yang tidak sehat. Dengan mengubah pola hidup, penderita jantung bisa terhindar dari resiko terjadinya berbagai gejala penyakit jantung. Memperbaiki pola hidup bisa mulai dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat, menghindari rokok dan minuman keras dan olahraga teratur. Di sisi lain, mengubah pola hidup saja dianggap masih kurang untuk menangani penyakit jantung secara efektif. Maka dari itu, dokter ahli jantung akan menyarankan penggunaan sejumlah obat-obatan atau bahkan prosedur operasi untuk mengatasi penyakit jantung yang sudah parah.

Statin
Obat jantung ini memiliki fungsi utama untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh sehingga bisa memperlambat perkembangan dari penyakit jantung. Beberapa jenis statin yang biasanya direkomendasikan dan diberikan oleh dokter adalah pravastatin, simvastatin dan atorvastatin.

obat jantung medis, statin obat jantung, obat penyakit jantung

Antiplatelet
Obat jantung ini memiliki fungsi utama untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah yang nantinya bisa menyebabkan serangan jantung. Jenis obat antiplatelet yang seringkali digunakan diantaranya adalah ticagrelor, aspirin dengan dosis rendah, clopidogrel dan prasugrel.

Obat diabetes dan anti-hipertensi
Bila penderita jantung memiliki tekanan darah tinggi atau diabetes, maka sangat penting untuk selalu mengendalikan perkembangan penyakit-penyakit tersebut. Pastikan bahwa obat anti-hipertensi dan obat diabetes yang dikonsumsi sudah sesuai dengan anjuran dokter dan bisa membawa hasil yang efektif. Selain itu, selalu ingat bahwa gaya hidup sehat akan berperan sangat penting untuk menangani kedua penyakit tersebut.

Berikut Ini Adalah Beberapa Jenis Obat-Obatan Untuk Penanganan Angina:
( angina adalah penyakit arteri koroner )

Beta-blockers
Dengan mengonsumsi beta-blockers, laju denyut jantung dapat berkurang dan aliran darah pun akan menjadi lebih lancar dari biasanya. Dengan kata lain, beban jantung pun akan berkurang dan serangan angina bisa dihindari. Jenis-jenis obat beta-blockers terdiri dari metoprolol, bisoprolol, atenolol, dan propranolol.

Ivabradine
Khusus bagi penderita penyakit jantung yang tidak dapat mengonsumsi jenis obat beta-blockers karena infeksi paru-paru, maka obat Ivabradine bisa menjadi solusi yang efektif. Obat Ivabradine dapat mengurangi beban dari jantung dengan cara memperlambat laju denyut jantungnya.

Calcium channel blockers
Obat ini berfungsi sebagai penghambat kanal kalsium dan bisa membuat dinding dari pembuluh darah menjadi lebar. Kondisi dinding pembuluh darh yang lebar akan mengakibatkan aliran darah ke organ jantung menjadi meningkat dan lebih lancar.

Obat nitrat
Cara kerja dari nitrat pada dasarnya sama dengan cara kerja dari obat calcium channel blockers. Obat nitrat dapat melebarkan ukuran diameter dari pembuluh darah sehingga nantinya bisa memperlancar aliran darah ke organ jantung dan kemudian meredakan serangan angina. Obat nitrat biasanya berbentuk tablet, namun dapat juga ditemui dalam bentuk gel, obat semprot dan koyo. Kinerja obat nitrat ada yang singkat dan ada pula yang panjang. Jenis obat nitrat yang biasanya digunakan adalah isosorbide mononitrate dan gliseril trinitrat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengobatan Penyakit Jantung Secara Medis

0 comments:

Post a Comment