Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Info kesehatan penyakit jantung dari gejala ciri-ciri jenis penyebab pengobatan perawatan dan cara mencegah agar jantung tetap sehat

3 Cara Paling Mudah Memperkuat Lemah Jantung

Lemah jantung merupakan kondisi menurunnya fungsi jantung dalam memompa darah. Umumnya lemah jantung dialami sesudah seseorang sakit atau terdapat kondisi tertentu yang bisa merusak organ jantung. Kondisi jantung lemah ini harus segera ditangani supaya tidak memburuk dan membahayakan kondisi penderitanya. Salah satu cara paling tepat untuk menanggulanginya adalah dengan segera menerapkan pola hidup yang sehat untuk memulihkan kondisi jantung lemah dan tidak normal.

lemah jantung, memperkuat lemah jantung, cara memperkuat lemah jantung

Berolahraga Secara Teratur
Rajin berolahraga merupakan cara yang tepat untuk memulihkan kondidi lemah jantung. Jenis olahraga yang dianjurkan diantaranya adalah senam aerobik yang bisa meningkatkan detak jantung dan juga menurunkan tekanan darah. Olahrga lainnya yang disarankan adalah jalan kaki, bersepeda dan berenang. Lakukan olahraga tersebut minimal 30 menit sebanyak 5 kali dalam 1 minggu untuk membantu menguatkan jantung yang lemah. Selain itu, berolahraga rutin dapat memperkuat kondisi psikis dan mental Anda. Senam aerobik sangat bermanfaat untuk memperkuat lemah jantung yang terbukti lewat penelitian dari Universitas Columbia tahun 2007. Senam aerobik mampu mengurangi respon yang berlebihan di dalam tubuh dan juga mengurangi resiko terjadinya aterosklerosis. Respon berlebihan di dalam tubuh ternyata dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya serangan jantung.

Menghentikan Kebiasaan Merokok
Rokok merupakan musuh terbesar dari jantung sehat. Dengan menghisap rokok secara terus-menerus maka sama saja seperti memasukkan berbagai zat beracun ke dalam tubuh. Pelemahan dan perlambatan kinerja organ jantung diakibatkan oleh asap rokok dan racun yang masuk ke dalam tubuh secara terus menerus. Zat karbonmonoksida yang terkandung pada rokok bisa memicu terjadinya aterosklerosis atau pengerasan pembuluh koroner. Zat nikotin pada rokok bisa membuat jantung lemah akibat pembuluh darah yang menyempit dan juga menurunkan kemampuan sel darah merah ketika memasok oksigen. Dampak negatif lain dari rokok adalah meningkatkan tekanan darah (hipertensi). Agar memperoleh jantung yang kuat, maka sangat dianjurkan untuk menghindari kebiasaan rokok selama-lamanya.

Menurunkan Berat Badan
Berat badan yang normal akan membantu seseorang untuk menjaga jantung tetap sehat dan kuat. Berat badan yang berlebihan (obesitas) akan membuat organ-organ tubuh menjadi bekerja lebih keras. Obesitas selain dapat mengakibatkan serangan jantung juga bisa memicu penyakut lain seperti stroke, penyakit gula (diabetes) dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Mengurangi berat badan bukan saja bermanfaat untuk menguatkan jantung, akan tetapi bermanfaat juga untuk memperlancar sistem peredaran darah serta menurunkan tekanan darah. Hindari juga konsumsi daging dengan lemak tinggi. Hal ini akan memicu peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh dan juga menyebabkan penimbunan lemak. Alhasil, aliran darah pun menjadi tidak lancar dan tentunya membahayakan kesehatan jantung. Untuk menangani lemah jantung dianjurkan untuk mengurangi dan membatasi konsumsi daging agar lemah jantung yang tidak bertambah buruk.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 3 Cara Paling Mudah Memperkuat Lemah Jantung

0 comments:

Post a Comment