Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Info kesehatan penyakit jantung dari gejala ciri-ciri jenis penyebab pengobatan perawatan dan cara mencegah agar jantung tetap sehat

Pilihan Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Gaya hidup yang kurang bergerak dan pola makan dengan lemak tinggi memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan di kehidupan orang modern zaman sekarang. Tak heran jika angka penyakit kronis terus meningkat setiap waktu dan tidak terkecuali penyakit jantung. Olahraga minimal 150 menit tiap minggu merupakan salah satu syarat untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Namun, untuk mendapatkan khasiat maksimal dari olahraga, kita perlu juga untuk menjalani pola makan yang sehat. Terdapat banyak sekali makanan sehat yang dapat dipilih, namun akan lebih baik lagi untuk selektif dalam memilih makanan supaya kesehatan jantung tetap terjaga. Berikut ini beberapa makanan enak untuk menjaga kesehatan jantung.

Ikan Salmon menjaga kesehatan jantung
Ikan salmon makanan untuk kesehatan jantung

Ikan Salmon

Salmon atau ikan berlemak lainnya memiliki kandungan asam lemak Omega 3 dan Anti-oksidan yang terbukti sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, manfaat daging ikan salmon ini melebihi manfaat daging-daging lainnya. Kandungan Omega-3 adalah jenis lemak tak jenuh yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dengan cara mengurangi kadar peradangan pada tubuh manusia. Asam lemak Omega-3 sering juga dikaitkan dengan tekanan darah, kadar trigliserida, resiko stroke, resiko penyumbatan darah yang lebih rendah dan resiko gagal jantung. Ikan salmon juga mengandung selenium serta zat antioksidan lainnya yang sangat bermanfaat untuk melindungi jantung dari stres yang oksidatif.

Almond dan Walnut menjaga kesehatan jantung
Almon dan walnut

Almond dan Walnut

Sama halnya seperti ikan salmon, kacang walnut dan almond kaya akan asam lemak Omega-3 yang berkhasiat untuk kesehatan jantung. Selain itu, jenis kacang-kacangan ini banyak mengandung vitamin E, folat, magnesium dan serat. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan memakan segenggam kacang ini setiap hari maka bisa menurunkan kadar kolesterol dan terhindar dari resiko penyakit jantung.

tomat menjaga kesehatan jantung
Buah tomat

Tomat

Tomat merupakan sayuran yang paling bermanfaat bagi tubuh dan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tomat banyak mengandung likopen dan karotenoid yang memiliki manfaat untuk menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung. Selain itu, likopen juga bermanfaat untuk mengikat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan.

Bluberi menjaga kesehatan jantung
Bluberi

Bluberi

Bluberi sering disebut dengan istilah makanan super karena buah ini kaya akan kandungan antioksidan poten resveratrol. Kandungan resveratrol mempunyai peran penting dalam menurunkan resiko penyakit jantung. Hasil studi menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi buah bluberi secara rutin maka bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung.

Oatmeal menjaga kesehatan jantung
Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal kaya akan kandungan folat, serat larut dan potasium. Untuk sebagian orang mungkin rasa oatmeal ini dianggap tidak terlalu enak. Sebagai solusinya, Anda dapat menambahkan selai kacang, madu, stroberi, pisang atau bluberi untuk membuat rasanya menjadi lebih enak. Oatmeal terbukti sangat baik untuk kesehatan jantung dan juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

kacang merah menjaga kesehatan jantung
Kacang Merah

Kacang Merah

Kacang merah mengandung serat dan asam lemak Omega-3 yang tinggi. Dengan mengonsumsi kacang merah maka resiko penyakit jantung pun akan menurun. Selain kandungan omega-3 yang berkhasiat untuk mengurangi peradangan pada tubuh, serat larut pada kacang merah juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Demikian info tentang pilihan makanan sehat untuk menjaga kesehatan jantung jika penbaca mempunyai info yang bermanfaat bagi banyak orang silahkan ditambahkan melalui komentar. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pilihan Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

0 comments:

Post a Comment