Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Info kesehatan penyakit jantung dari gejala ciri-ciri jenis penyebab pengobatan perawatan dan cara mencegah agar jantung tetap sehat

Ciri-Ciri dan Gejala Awal Penyakit Jantung

Berbagai studi dan penelitian sudah banyak dilakukan untuk mengidentifikasi ciri-ciri dan gejala awal seseorang terkena penyakit jantung. Penelitian tersebut dilakukan mulai dari bayi, usia remaja, dewasa dan orangtua. Dengan sejumlah penelitian tentang gejala penyakit jantung ini tentunya akan membuat semakin banyak orang menjadi lebih waspada ketika terjadi perubahan pada tubuh yang mungkin saja termsuk ke dalam gejala-gejala dari sejumlah penyakit tertentu. WHO menyatakan bahwa penyakit jantung termasuk ke dalam jenis penyakit pembunuh nomor 1 di dunia dan sudah merenggut banyak sekali nyawa.

ciri-ciri awal penyakit jantung, gejala penyakit jantung

Ciri awal penderita penyakit jantung pada dasarnya sangat bervariasi dan bergantung pada jenis penyakit jantung yang dialaminya. Selain itu, mayoritas orang-orang menganggap bahwa sakit jantung dan serangan jantung adalah penyakit yang sama, namun ternyata ledua penyakit tersebut sangat berbeda. Perbedaannya terletak pada maknanya, sakit jantung adalah ketidakmampuan fungsi jantung ketika memompa darah ke seluruh organ tubuh sedangkan serangan jantung merupakan pengecilan atau penyumbatan pembuluh darah yang membawa oksigen dan sari makanan menuju organ jantung. Berikut ini ciri-ciri dan gejala awal dari penyakit jantung:

Sakit Pada Bagian Kepala
Jika mengalami sakit pada bagian kepala ketika terkena sinar matahari, maka seseorang bisa dicurigai menderita penyakit jantung. Pengaruh ini panas dan sakit kepala ini bisa menimbulkan denyut jantung yang lebih lambat atau yang lebih cepat. Untuk kaum wanita, harus mewaspadai bila mengalami sakit kepala migrain karena sakit kepala tersebut bisa saja merupakan akibat dari penyumbatan sirkulasi darah.

Nyeri Dada
Ciri awal penyait jantung bisa juga dari munculnya nyeri pada bagian dada. Nyeri dada pada seseorang dengan serangan jantung diakibatkan oleh adanya penyumbatan pembuluh darah (arteri) yang menyebabkan darah menjadi tidak bisa mengalir menuju seluruh organ tubuh. Selain itu, arteri yang tersumbat juga bisa memicu rasa sakit pada bagian tubuh lain tangan, bahu, punggung, siku dan leher yang rasa sakitnya sewaktu-waktu datang dan pergi.

Mudah Lelah
Rasa lelah pada penderita jantung sama seperti pada rasa lelah akibat penyakit anemia (kurang darah). Penderita jantung akan merasa lelah padahal baru saja bangun tidur di pagi hari dan tidak melakukan aktifitas yang berat. Apabila hal ini terjadi, tentunya harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan keadaan tubuh.

Sesak Nafas
Sesak nafas dapat diakibatkan oleh pembuluh darah (arteri) yang terhambat aliran darahnya. Kondisi ini kemudian menyebabkan denyut jantung yang tidak teratur, penebalan otot jantung dan juga kelainan pada katup jantung.

Mual dan Cemas
Ciri atau gejala penyakit jantung lainnya adalah rasa mual dan bahkan bisa menurunkan nafsu makan. Biasanya penderita serangan jantung akan mengalami trauma sehingga kemudian menimbukan rasa tegang, takut dan kecemasan berlebihan. Rasa cemas tersebut harus segera dihindari karena bisa menjadi pemicu munculnya serangan jantung. Usahakan untuk selalu tenang dan menghindari stres.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ciri-Ciri dan Gejala Awal Penyakit Jantung

0 comments:

Post a Comment