Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Info kesehatan penyakit jantung dari gejala ciri-ciri jenis penyebab pengobatan perawatan dan cara mencegah agar jantung tetap sehat

Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ vital yang memegang kendali atas sistem peredaran darah di dalam tubuh manusia. Bila jantung mengalami masalah atau kelainan, maka tentunya tubuh manusia akan mengalami gangguan. Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit ganas dan berbahaya sehingga dapat mengancam nyawa manusia. Banyak sekali orang yang kemudian meninggal akibat kelainan atau gangguan pada organ jantungnya. Umumnya, penyakit jantung sering menyerang manusia yang memang lalai dan cenderung mengabaikan kesehatan jantungnya. Sebelum benar–benar terserang oleh penyakit jantung, sebaiknya dilakukan beberapa upaya mencegah dan menjaga dan merawat kesehatan jantung seperti diulas berikut ini.

menjaga kesehatan jantung, cara merawat jantung

Berolahraga Secara Rutin
Cara pertama bisa dilakukan agar kesehatan jantung terjaga adalah dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Selain akan membuat tubuh menjadi lebih bugar, olahraga rutin ternyata efektif menjaga kesehatan jantung. Olahraga yang sangat dianjurkan untuk menjaga agar jantung tetap sehat adalah olahraga ringan seperti jalan kaki, lari kecil, sepeda santai dan lain–lain. Lakukanlah aktifitas olahraga ringan ini setiap hari dan usahakan jangan sampai terlalu kecapean. Bila sudah bisa rutin menjalankannya, Anda tidak hanya akan memperoleh jantung sehat, akan tetapi organ lain seperti paru–paru akan menjadi semakin sehat pula.

Jauhi Kebiasaan Merokok
Rokok akan menimbulkan berbagai macam masalah bagi kesehatan manusia. Selain akan menggangu kesehatan organ paru-paru, rokok juga sangat tidak baik untuk kesehatan organ jantung. Berbagai kandungan zat dan racun dalam rokok merusak organ–organ penting dalam tubuh manusia secara perlahan-lahan. Walaupun efeknya tidak akan terlihat atau terasa secara langsung, namun rokok sudah terbukti akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan yang serius. Uang yang digunakan untuk membeli rokok, akan lebih baik untuk membeli buah–buahan atau sayuran yang jelas-jelas lebih menyehatkan. Pilih buah-buahan seperti delima, apel, dan jeruk yang kandungan antioksidannya tinggi dan sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung.

Hindari Makanan Berlemak
Cara selanjutnya adalah dengan menghindari makanan yang mengandung banyak lemak. Lemak jahat yang terkandung dalam makanan berminyak akan memicu penyumbatan pembuluh darah (arteri) sebagai akses utama dari darah untuk menuju organ jantung. Di samping itu, lemak jahat juga mengakibatkan kadar kolesterol menjadi tinggi. Kedua hal ini sangat membahayakan bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, hindarilah sebisa mungkin makanan dengan lemak jahat seperti aneka gorengan, bebek goreng, jenis makanan lain yang banyak mengandung minyak.

Mengendalikan Berat Badan
Berat badan berlebih atau obesitas mampu menimbulkan berbagai jenis penyakit. Salah satu penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh obesitas adalah sakit jantung. Timbunan lemak berlebihan di dalam tubuh akan mengganggu kinerja jantung sehingga tidak bisa bekerja secara optimal. Kondisi ini akan terjadi secara terus menerus sampai orang tersebut menyadari bahwa dia terserang penyakit jantung yang sudah memasuki tahap berbahaya.

Demikian ulasan singkat tentang cara menjaga dan merawat kesehatan jantung dan baca juga artikel lain di blog ini agar anda semakin mengerti dan menyayangi jantung anda sendiri, sekian semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Jantung

0 comments:

Post a Comment