Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Info kesehatan penyakit jantung dari gejala ciri-ciri jenis penyebab pengobatan perawatan dan cara mencegah agar jantung tetap sehat

Penyebab dan Gejala Gagal Jantung

Gagal jantung merupakan kondisi jantung yang sudah tidak bisa memompa darah dengan optimal. Ketika seseorang menderita gagal jantung, maka pergerakan atau peredaran darah ke seluruh organ tubuh akan menjadi lebih lambat. Selain itu, gagal jantung mengakibatkan tekanan di organ jantung menjadi meningkat daripada biasanya. Akibatnya, nutrisi dan oksigen yang diperlukan oleh tubuh tidak bisa dialirkan dengan maksimal. Serambi dan bilik jantung kemudian akan merespon kondisi ini dengan beradaptasi atau memompa lebih lambat sehingga akan menjadi lebih kaku dan tebal. Kondisi ini akan membuat dinding jantung menjadi lemah dan kemampuan memompa darah dengan maksimal pun akan berkurang. Alhasil, organ ginjal pun akan merespon dengan menahan sodium dan cairan yang harusnya diserap. Bila zat-zat tersebut kemudian menumpuk pada kaki, lengan, telapak kaki, tumit, paru-paru dan organ-organ lainnya, maka tubuh pun akan mengalami pembengkakan.
penyebab gagal jantung, gejala gagal

Gagal jantung diakibatkan oleh rusaknya otot jantung yang dipicu oleh penyakit jantung koroner, serangan jantung, penyakit otot jantung (cardiomyopathy) dan kelelahan jantung. Kelelahan pada organ jantung umumnya dipengaruhi oleh tekanan darah yang tinggi (hipertensi), kelainan katup jantung, penyakit kelenjar tiroid, diabetes, ginjal dan kelainan jantung bawaan. Terkadang penderita gagal jantung tidak akan mengalami suatu gejala apapun. Terkadang juga gejala yang dialami oleh penderita gagal jantung tidak membahayakan. Tanda-tanda atau gejala gagal jantung yang pertama adalah paru-paru yang membengkak. Cairan yang tertahan di organ paru-paru bisa membuat penderitanya menjadi kesulitan untuk bernafas, dan bahkan ketika beristirahat atau berbaring saja. Kondisi nafas pendek ini bisa juga memicu batuk kering ataupun bengek. Selain itu, tanda gagal jantung adalah tubuh yang membengkak akibat cairan berlebih.

Berkurangnya pasokan darah ke organ ginjal akan memaksa tubuh untuk menyimpan cairan yang seharusnya langsung dibuang. Kondisi ini juga akan memicu frekuensi buang air kecil yang lebih sering atau meningkat. Selain itu, kondisi ini akan membuat penderitanya kembung bahkan mual atau hilangnya nafsu makan. Gejala lainnya adalah sering merasa pusing dan mudah lelah. Kurangnya pasokan darah akan membuat tubuh menjadi gampang lemah dan otak menjadi mudah pusing. Di samping itu, gejala gagal jantung lainnya adalah detak jantung yang tidak beraturan sebagai akibat dari pemompaan darah yang lebih cepat dari biasanya.

Pengobatan untuk gagal jantung akhir-akhir ini sudah berkembang seiring dengan teknologi medis yang semakin modern dan canggih. Pengendalian dan pengawasan terhadap obat-obatan serta penerapan gaya hidup yang sehat merupakan dua faktor yang sangat penting untuk proses pengobatan gagal jantung. Bagi para penderita gagal jantung, terdapat beberapa langkah penting yang perlu dilakukan untuk mencegah kondisi yang semakin memburuk. Langkah-langkah penting tersebut meliputi pengendalian tekanan darah, mengendalikan berat badan, mengurangi asupan garam, mengonsumsi obat sesuai resep dengan teratur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab dan Gejala Gagal Jantung

0 comments:

Post a Comment